Review Film Midway (2019)

Dec 16,2019
Film yang dibuat berdasarkan kisah nyata ini sangat menarik sekali untuk ditonton. Menceritakan tentang penyerangan Jepang kepada Amerika. Dibintangi oleh para pemain film terbaik seperti Patrick Wilson, Woody Harrelson, Nik Jonas, dan berbagai pemain terbaiknya, sehingga kualitas dari film ini tak perlu diragukan lagi. Tak hanya pemainnya, namun beberapa aspek pada film ini bernar-benar patut diacungi jempol, mulai dari editing, sinematogafi, pemilihan efek, karakter pemain yang pas, ataupun nuansa era zaman dahulu yang menonjol sehingga benar-benar mendukung film ini yang memang berniat menyajikan film sejarah. Contoh saat pertempuran, efek suara yang diberikan seperti suara tembakan, ataupun editingnya benar-benar berhasil memberikan kesan menegangkan kepada film. Patut untuk ditonton bagi kalian yang menyukai film sejarah. Namun karena ini memang film sejarah, mungkin akan sedikit membosankan untuk ditonton karena tentunya konfliknya akan terus berhubungan dengan tak-tik, perang, atau korban jiwa yang berjatuhan.

Central Question
Dimulai dengan menunjukkan penyerangan Jepang kepada Amerika yang kemudian Amerika pun menyusun tak-tik penyerangan dalam rangka melakukan balas dendam terkait apa yang telah dilakuan Jepang. Sehingga bisa dilihat bahwa dari keseluruhan film ini tentu pertanyaan terbesarnya adalah apa latar belakang terjadinya perang tersebut dan siapakah yang akan memenangkan pertempuran dalam Perang Dunia kedua di akhir film Midway?

Rising Tension
Konflik yang terjadi saat Jepang menyerang Angkatan Laut Amerika di Pearl Harbour ialah karena sikap Amerika yang netral saat Jepang mengajak Amerika untuk berusaha menguasai Tiongkok. Jepang berhasil menjatuhkan banyak korban. Karena hal inilah, Jepang dianggap membangunkan raksasa yang sedang tidur karena ternyata Amerika pun kemudian mengirim serangan balik kepada Jepang.

Climax
Klimaks dalam film Midway terjadi ketika Amerika berhasil melucurkan serangan balik kepada Jepang dengan cara menghacurkan kapan induk Jepang melalui pesawat tempur yang dipimpin oleh Richard. Kedua negara ini tentunya berambisi untuk memenangkan pertempuran sehingga timbulah aksi tembak-menembak antar kedua negara. Puncaknya adalah ketika Amerika Serikat berhasil menghancurkan kapal induk terakhir dari Jepang yang bernama Hiryu.

Resolution
Setelah mendapatkan serangan yang diberikan oleh Jepang, kemudian Amerika berusaha untuk menyiapkan strategi terbaiknya dengan cara memperkuat pertahanan ataupun mengantisipasi serangan yang diberikan Jepang selanjutnya. Namun tentu tak hanya Amerika yang menyiapkan hal tersebut, Jepang pun melakukan hal yang sama.

Universal Truth
Bagaimana para prajurit melindungi negara mereka. Mereka rela mengorbankan nyawanya demi tanah air tanpa memikirkan keselamatan. Seperti contohnya saat Brono Gaido menembakkan peluru ke pesawat Jepang saat Amerika dalam kondisi diserang. Padahal para prajurit lainnya berusaha berlindung namun ia justru mengambil langkah berani tersebut dan kemudian Brono pun berhasil. Begitupun di kehidupan nyata kita, tentunya masyarakat akan terus membela bangsa dan negaranya sama halnya seperti Amerika dan Jepang melindungi negara masing-masing.

Symbol
Cincin yang digunakan oleh Roy Pearch yang mati terbakar saat Pearl Harbour diserang oleh Jepang. Awalnya cincin tersebut hanyalah sebagai cincin dari sekolah angkatan Amerika Serikat namun akhirnya cincin tesebut ternyata berguna untuk mengidentifikasi mayat Roy Pearch yang sudah tak bisa lagi dikenali karena memang hangus terbakar. Foto anak dan istri Dick Best. Awalnya mungkin hal tersebut merupakan foto biasa namun seiring berjalannya waktu, foto tersebut menjadi suatu hal yang benar-benar membangkitkan motivasi Dick Best agar melakukan yang terbaik dan pulang dengan selamat sehingga bisa kembali berkumpul dengan keluarganya. Bom yang dijatuhkan oleh Dick Best melalui serangan udara ke kapal induk Jepang sebagai tanda kemenangan Amerika terhadap Jepang. Mungkin awalnya bom hanyalah sebuah benda yang berfungsi menghancurkan tanpa ada makna yang spesial. Namun kemudian pada film ini akhirnya bom berubah menjadi suatu hal yang sangat bermakna karena berhasil memberikan kemenangan kepada Amerika setelah terus-terusan berjuang.

By : Diva Hairrianissa K. (080)